Senin, 11 Agustus 2014

Materi PAI kelas X SMK Negeri Kalibaru


Modul X,1,1 Manusia Sebagai Kholifatullah




A. Manusia sebagai Kholifah di Bumi
Allah menciptakan setiap makhluk seraya memberi tugas kepada mereka masing-masing yang harus dikerjakan. Malaikat ada yang diberi tugas memikul Arsy (40:7), mencabut nyawa. Ada malaikat yang menjaga manusia. Langit dan bumi serta seisinya diciptakan untuk kepentingan manusia (40:64). Sedang manusia diberi tugas sebagai kholifah ( pengatur / wakil Allah ) di bumi.
Islam memandang manusia sebagai Kholifatullah ( Kholifah Allah ) dengan dasar Firman Allah QS. Al-Baqoroh /2:30 sebagai berikut :

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ  
وَإِذْ
قَالَ
رَبُّكَ
لِلْمَلَائِكَة
إِنِّي
جَاعِلٌ
فِي
الْأَرْضِ
خَلِيفَةً
dan tatkala
berfirman
Tuhanmu
kepada para malaikat
sesungguhnya Aku
menjadikan
di
bumi
kholifah (wakil)
قَالُوا
أَتَجْعَلُ
فِيهَا
مَنْ
يُفْسِدُ
فِيهَا
وَيَسْفِكُ
الدِّمَاءَ
وَنَحْنُ
mereka berkata
Apakah engkau akan menjadika
di dalamnya
orang yang
merusak
di dalamnya
dan menum-pahkan
darah
dan kami
نُسَبِّحُ
بِحَمْدِكَ
وَنُقَدِّسُ
لَكَ
قَالَ
إِنِّي
أَعْلَمُ
مَا لَا
تَعْلَمُونَ  
Kami bertasbih
dengan memuji-Mu
&menyucikan namaMu
bagi-Mu
Dia berfirman
sungguh Aku
Aku lebih mengetahui
apa yang
tidak kalian ketahui

QS.2:30.” ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Sebagai kholifah Allah, manusia diberi wewenang untuk mengatur dan memelihara kelestarian dan ketentraman alam. Dalam hal ini manusia memiliki tugas imaroh dan ri’ayah. Yang dimaksud dengan tugas imaroh adalah tugas untuk memakmurkan dunia, sedang tugas ri’ayah adalah tugas untuk menjaga kelestarian dunia.

Untuk menjalankan tugas tersebut manusia dilengkapi akal dan harus membekali diri dengan:

1.  Iman dan amal sholeh ( perbuatan yang baik) .
Perhatikan Firman Allah berikut : “dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh- sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka” (QS.An-Nur/24:55)

  1. Ilmu pengetahuan
Ilmu pengetahuan mutlak diperlukan, tanpa ilmu pengetahuan kemajuan tidak akan terwujud. Dan ini adalah pembeda antara manusia dengan makhluk yang lain.

3. Tidak mengikuti hawa nafsu.
“andaikata kebenaran itu menuruti hawa nafsu mereka, pasti binasalah langit dan bumi ini” (QS.Al-Mu’minun/23:71)
                                    Ketika manusia telah mempunyai ketiga bekal di atas maka layaklah dia menjadi kholifah di bumi ini, dan Allah akan ridlo kepadanya. Sebaliknya jika manusia tidak memenuhi ketiga hal di atas maka tidaklah pantas untuk ditugasi sebagai kholifah,apalagi dia malah merusak bumi ini, maka Allah akan murka kepadanya.
Hal ini dapat di umpamakan seorang petani menanam padi, ketika butiran-butiran padi dapat dibawa pulang petani, maka petani akan senang dengannya. Sebaliknya batang-batang padi yang tidak menghasilkan butiran-butiran padi sebab berpenyakit, maka akan dibakar petani agar tidak mencemari padi lainnya.
B. Manusia Makhluk yang Sempurna
              Manusia diciptakan Allah begitu sempurna dibandingkan makhluk lainnya.Firman Allah :
   لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ (4) ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ (5) إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ
4. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya .
5. kemudian Kami kembalikan Dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),
6. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; Maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya.    (QS.At-Tin / 95:4-6)
           
            Kesempurnaan manusia berawal dari Nabi Adam as. yang diciptakan Allah dari tanah, namun keturunan beliau diciptakan melalui proses yang lain. Diterangkan QS.Al-Mu’minun/23:12-14 :
وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنْ سُلَالَةٍ مِنْ طِينٍ (12) ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَكِينٍ (13) ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَامًا فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْمًا ثُمَّ أَنْشَأْنَاهُ خَلْقًا آَخَرَ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ  
وَ
لَقَدْ
خَلَقْنَا
الْإِنْسَانَ
مِنْ
سُلَالَةٍ
مِنْ
طِينٍ
dan
sesungguhnya
Kami telah menciptakan
manusia
dari
saripati
dari
tanah
12
ثُمَّ
جَعَلْنَاهُ
النُّطْفَةَ
فِي
قَرَارٍ
مَكِينٍ
13
12
kemudian
Kami menjadikannya
air mani
di dalam
tempat
yang kokoh
13
ثُمَّ
خَلَقْنَا
النُّطْفَةَ
عَلَقَةً
فَخَلَقْنَا
الْعَلَقَةَ
مُضْغَةً
فَخَلَقْنَا
kemudian
Kami jadikan
air mani
segumpal darah
lalu Kami jadikan
segumpal darah
segumpal daging
lalu Kami ciptakan
الْمُضْغَةَ
عِظَامًا
فَكَسَوْنَا
الْعِظَامَ
لَحْمًا
ثُمَّ
أَنْشَأْنَاهُ
خَلْقًا
segumpal darah
tulang-belulang
lalu Kami bungkus
tulang-belulang
dg daging
kemudian
Kami menjadikannya
makhluq
آَخَرَ
فَتَبَارَكَ
اللَّهُ
أَحْسَنُ
الْخَالِقِينَ
14


lain
Maka Maha suci Engkau
Allah
paling bagusnya
Pencipta
14



12. dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. 13. kemudian Kami jadikan saripati itu (nuthfah) air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). 14. kemudian air mani itu Kami jadikan (‘alaqoh) segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan (mudlghoh) segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan (‘idhomah) tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. kemudian Kami jadikan Dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik.
   Proses penciptaan manusia juga diterangkan dalam sebuah hadits sebagai berikut :
قال عبدُ اللهِ حَدّثنَا رَسُولُ اللهِ صََلّى اللهُ عليهِ وَسَلّمَ وهوالصَّادقُ المَصْدُوق قال إنّ احدَكُمْ يجمع خلقه فى بطن أُمِّه أرْبعين يَوْماً ثمَّ  يكون علقة مثل ذلك ثمَّ  يكون مضغة مثل ذلك ثمّ يبعث الله ملكا فيؤمر بأربعِ كلمات ويُقَالُ لَهُ أُكْتُبْ عمله ورزقه وأجله وشقيٌ أو سعيدٌ ثمّ ينفخ فيه الروح  (رواه البخارى ومسلم )
Artinya : ‘Abdullah berkata, kami telah diberi tahu Rosulullah saw seorang yang jujur lagi terpercaya, beliau bersabda,” Sesungguhnya proses penciptaan (masing-masing) di antara kalian (dimulai) dengan sperma (nuthfah) dalam perut ibu kalian selama 40 hari. Kemudian merubah menjadi segumpal darah (‘alaqoh), dalam kurun waktu yang sama, lalu berubah menjadi sekerat daging (mudhghoh) dalam kurun waktu yang sama pula.  Barulah setelah itu Allah mengutus malaikat untuk menetapkan empat hal. Dikatakan kepada malaikat itu,’tetapkanlah amal perbuatan,rizqi,ajal dan nasib baik atau buruk orang itu!” Kemudian ditiupkan ruh padanya.” (HR.Al-Bukhori dan Muslim).

  يَخْلُقُكُمْ فِي بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ خَلْقًا مِنْ بَعْدِ خَلْقٍ فِي ظُلُمَاتٍ ثَلَاثٍ (الزمر : ٦ )
Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan”(QS. 39:6)
وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
Artinya:”dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam Keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.” (QS.AnNahl/16:78)

C. Tugas sebagai Hamba Allah

            Tujuan Allah menciptakan manusia disamping memberi tugas sebagai kholifah di bumi, juga agar mereka beribadah (mengabdi) kepada-Nya. Sebagaimana QS.Adz-Dzariyat/51:56 berikut :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.( QS.51:56. )
            Ditinjau dari jenisnya pengabdian ada dua kategori :
1.  Ibadah Mahdloh, yaitu rangkaian ibadah yang prosedur pelaksanaannya telah diatur dalam syari’at. Misalnya wudlu’,sholat, zakat,puasa, hajji dan lain-lain.
2.  Ibadah ghoirul Mahdloh, yaitu segala bentuk perbuatan baik yang tidak bertentangan dengan syari’at dengan tujuan (niat) mengharap keridlo’an Allah. Misalnya : mencari ilmu, bekerja, berkeluarga, bermasyarakat dan lain-lain.
            Dan bila ditinjau dari bagian tubuh yang melaksanakan dibagi menjadi :
1.  Ibadah Qolbiyah,yaitu pengabdian yang dilaksanakan hati, misalnya : khouf (takut akan siksa Allah), roja’ (mengharap rohmad Allah), mahabbah (cinta kepada Allah), ikhlas (mempersembahkan pengabdian hanya kepada Allah), husnudzon (berbaik sangka), qona’ah (rela menerima)dll.
2.  Ibadah Badaniyah, yaitu pengabdian yang berupa perbuatan badan, misalnya : sholat, puasa, hajji, zakat, bekerja, jahad dll
3.  Ibadah Qouliyah, yaitu pengabdian dalam bentuk ucapan, misalnya : dzikir, tadarus (membaca Al-Qur’an), amar ma’ruf nahi munkar (memberi nasihat) dll

            Ibadah-ibadah inilah yang harus dilaksanakan manusia sesuai dengan tujuan diciptakannya, sehingga seluruh tingkah laku seorang mu’min misalnya jual-beli, tidur, makan dll, jika diniatkan mendekatkan diri dan mencari keridlo’an Allah bernilai ibadah. Sedang melakukan sesuatu yang diharamkan dan semua kema’siatan (menyalahi kehendak Allah) akan mendatangkan murka Allah.
           
D. Pertanggungjawaban Manusia.
            Perhatikan Firman Allah QS.Al-Hajj/22:5 berikut ini :



يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنْ كُنْتُمْ فِي رَيْبٍ مِنَ الْبَعْثِ فَإِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُضْغَةٍ مُخَلَّقَةٍ وَغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِنُبَيِّنَ لَكُمْ وَنُقِرُّ فِي الْأَرْحَامِ مَا نَشَاءُ إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ثُمَّ لِتَبْلُغُوا أَشُدَّكُمْ وَمِنْكُمْ مَنْ يُتَوَفَّى وَمِنْكُمْ مَنْ يُرَدُّ إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْلَا يَعْلَمَ مِنْ بَعْدِ عِلْمٍ شَيْئًا وَتَرَى الْأَرْضَ هَامِدَةً فَإِذَا أَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَأَنْبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍ بَهِيجٍ


خَلَقْنَاكُمْ
فَإِنَّا
الْبَعْثِ
مِنَ
فِي رَيْبٍ
إِنْ كُنْتُمْ
النَّاسُ
يَا أَيُّهَا
Kami ciptakan kalian
mk ssgghnya Kami
kebangkitan
dari / tentang
dalam keraguan
jika keadaan kalian
manusia
Wahai
مُضْغَةٍ
 مِنْ
ثُمَّ
مِنْ عَلَقَةٍ
ثُمَّ
نُطْفَةٍ
ثُمَّ
مِنْ تُرَابٍ
segumpal daging
dari
kemudian
dari segumpal drh
kemudian
Dari sperma
kemudian
Dari tanah
الْأَرْحَامِ
فَّى
وَنُقِرُّ
لَكُمْ
لِنُبَيِّنَ
مُخَلَّقَةٍ
وَغَيْرِ
مُخَلَّقَةٍ
kandungan
dalam
dan Kami ketatapkan
kepada kalian
spy Kami menjelaskan
sempurna kejadiannya
dan yang tidak
yg sempurna kejadiannya
لِتَبْلُغُوا
ثُمَّ
طِفْلًا
نُخْرِجُكُمْ
ثُمَّ
مُسَمًّى
إِلَى أَجَلٍ
مَا نَشَاءُ
spy kalian sampai
kemudian
sebagi bayi
Kami keluarkan kalian
kemudian
yg sudah ditentukan
sampai habis waktu / mati
apa yg Kami kehendaki
إِلَى
يُرَدُّ
مَنْ
وَمِنْكُمْ
يُتَوَفَّى
مَنْ
وَمِنْكُمْ
أَشُدَّكُمْ
Kepada / sampai
dikembalikan
orang yang
dan diantara kalian
diwafatkan
orang yang
Dan diantara kalian
Kedewasaan kalian
وَتَرَى
شَيْئًا
بَعْدِ
مِنْ
يَعْلَمَ
لِكَيْلَا
الْعُمُر
أَرْذَلِ
Dan kamu melihat
sesuatu
sesudah
dari
dia me-ngetahui
spy seperti tidak
usia
pikun
وَرَبَتْ
اهْتَزَّتْ
الْمَاءَ
عَلَيْهَا
أَنْزَلْنَا
فَإِذَا
هَامِدَةً
الْأَرْضَ
Dan suburlah
hiduplah
air
atasnya (bumi)
Kami menurunkan
maka apabila
kering
bumi



بَهِيجٍ
زَوْجٍ
كُلِّ
مِن
وَأَنْبَتَتْ



yang indah
jodoh/jenis
setiap
dari
dan menum-buhkan

QS 22:5. “Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), Maka (ketahuilah) Sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur- angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya Dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. dan kamu Lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah”.
               
Untuk meyakinkan manusia akan adanya kebangkitan setelah mati, Allah menunjukkan kekuasaan-Nya, dengan proses penciptaan manusia yang berasal dari tanah kemudian menjadi sperma, berikutnya menjadi segumpal darah, lalu segumpal daging dan lahir sebagai bayi. Di lain hal tanah yang kering ketika tersiram air hujan berubah menjadi subur yang dapat menumbuhkan berbagai ragam tumbuh-tumbuhan yang indah. Tentunya untuk membangkitkan manusia yang telah ada dari jasad walaupun telah terurai tidaklah sesuatu yang sulit bagi Allah untuk kemudian dimintai pertanggung jawaban atas apa yang telah diperbuatnya ketika hidup di dunia. Sebagai mana firman-Nya QS.al-Muddatstsir/74: 38
@ä. ¤§øÿtR $yJÎ/ ôMt6|¡x. îpoYÏdu 74/38. tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnyaÇÌÑÈ,  
Tugas :  1. Tugas individu :
- Tulislah QS. Al-Baqoroh /2:30, Al-Mu’minun/23:12-14 dan Al-Hajj/22:5
                                  2. Tugas Kelompok :
- Diskusikan dan simpulkan jawabannya “ Mengapa manusia banyak yang tidak mengerti akan tugasnya sebagai kholifatullah ?”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar